Tingkatkan Produktivitas Peternak, Tim Dosen Fakultas Peternakan UHO Introduksi Teknologi Pemeliharaan Ayam Kampung

Sejumlah Dosen Fakultas Peternakan UHO yang tergabung dalam Tim Program Kemitraan Masyarakat Internal UHO tahun 2022 melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kepada peternak ayam kampung di kota kendari. Tema yang diusung adalah aplikasi teknologi dalam manajemen pemeliharaan ayam kampung (Sabtu, 1/10/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh lima orang dosen yang diketuai oleh Hamdan Has, S.Pt.,M.Si dan beranggotakan Astriana Napirah, S.Pt.,M.Si., drh. Putu Nara Kusuma P.,M.Kes., drh. Restu Libriani, M.Si. dan Dedem Sutopo, S.Pt.,M.Sc. Setiap dosen dalam tim memiliki peranan dan keahlian berbeda dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peternak ayam kampung memaksimalkan usaha melalui penerapan teknologi tepat guna dalam manajemen pemeliharaan ayam.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mencermati permsalahan utama yang kerap dialami mitra peternak ayam kampung diantaranya, daya tetas telur yang rendah, angka kematian anak ayam tinggi serta pertumbuhan ayam yang lambat. Melalui kegiatan ini peternak ayam kampung diperkenalkan cara membuat mesin tetas otomatis, menetaskan telur menggunakan mesin tetas, serta penanganan anak ayam pasca menetas. Selain itu mitra peternak juga diajarkan tentang manajemen kesehatan dan pakan ayam kampung.

Hamdan Has selaku Ketua Tim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dalam menyukseskan  kegiatan ini dan berharap kegiatan ini banyak memberi manfaatnya terutama bagi peningkatan produktivitas kelompok mitra  peternak ayam kampung. “Melalui kegiatan ini diharapkan peternak dapat mengaplikasikan teknologi yang kami sampaikan secara mandiri dan memberi manfaat bagi peningkatan produksi ayam kampung dan pengembangan usaha mitra pada masa yang akan datang” jelasnya .

Kegiatan ini mendapat apresiasi dan antusias dari mitra karena sangat sesuai dengan permasalahan yang kerap mereka alami.  “Kami sangat berterima kasih kepada tim dosen dari Fakultas Peternakan UHO atas ilmunya yang telah memberikan pencerahan dan memberikan solusi atas permasalahan yang kami alami selama ini” tutur salah satu mitra.

Kegiatan ini juga melibatkan beberapa mahasiswa Fakultas Peternakan UHO.   Sastrawijaya , mahasiswa senior FPt UHO yang berperan sebagai salah satu tenaga lapangan mendampingi peternak mitra mengungkapkan rasa terima kasihnya ikut dilibatkan dalam kegiatan yang sangat bermanfaat dan berkesan ini. “Saya sangat berterima kasih kepada Tim Dosen FPt UHO telah dilibatkan sebagai tenaga lapangan dan dapat memberikan kontribusi positif mendampingi masyarakat dalam meningkatkan produktivitas usaha peternakan ayam kampung mereka. Selain menambah pengalaman sebagai mahasiswa, kegiatan ini telah memberikan kenangan tersendiri selama saya menempuh studi di FPt UHO. Yaaah…. kenangan indah yang sangat berkesan dan insya Allah menjadi amal jariyah, aamiin” ungkapnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.