Sepuluh Kelompok Mahasiswa dan Alumni FPt UHO Melaksanakan Program Kewirausahaan

Kendari, WK. Sudah menjadi fenomena dewasa ini bahwa yang menjadi tantang terbesar bagi lulusan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta adalah terbatasnya lapangan kerja. Selain melaksanakan kegiatan akademik, perguruan tinggi juga diharapkan mampu menghasilkan lulusan berkualitas yang dapat bersinergi dengan lapangan usaha dan dunia bisnis. Setiap alumni diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru, baik untuk dirinya sendiri maupun bagi orang lain sehingga dapat memberikan kontribusi bagi penyerapan tenaga kerja dan mengurangi masalah pengangguran.

Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) bertujuan merintis terciptanya lapangan usaha melalui terbentuknya wirausaha baru yang mandiri berbasis IPTEK dan meningkatkan keterampilan dan manajemen usaha bagi mahasiswa dan alumni. Program ini merupakan program pengabdian dari Kementerian Ristekbrin yang dilaksanakan Fakultas Peternakan UHO sejak tahun 2019 dan sampai sekarang terus berkembang. Selama dua tahun terakhir Fakultas Peternakan UHO telah membina dan mengembangkan 10 kelompok usaha mahasiswa dan alumni melalui program PPK, dengan total tenant sebanyak 30 orang. Usaha-usaha yang dibina tahun 2019 adalah usaha budidaya ternak puyuh, usaha pengolahan telur, usaha bakso, usaha ayam kampung super, usaha ayam potong, dan usaha pengolahan pupuk kompos. Kreativitas mahasiswa dan alumni Fakultas Peternakan terus diuji dan dikembangkan sehingga pada tahun 2020 ada tambahan 5 unit usaha baru. Kelima unit usaha tersebut yaitu usaha rumah potong ayam (RPA), budidaya ayam kampung, usaha pengolahan keripik usus, budidaya mencit, dan usaha budidaya lebah madu.

Setelah tahapan rekrutmen, sebelum melaksanakan program PPK, setiap kelompok mahasiswa dan alumni yang lolos seleksi diwajibkan mengikuti pembekalan yang merupakan rangkaian kegiatan atau tahapan pelaksanaan PPK dan sebagai syarat untuk mendapatkan hibah modal usaha. Salah seorang pemateri dalam pembekalan program PPK Ir. Syam Rahadi, S.Pt., MP, IPM yang juga Dosen Fakultas Peternakan UHO menjelaskan tujuan diselenggarakan pembekalan adalah untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri serta ketrampilan mahasiswa dan alumni untuk berwirausaha. Setelah mengikuti pembekalan, para tenant PPK juga mengikuti program magang pada perusahaan-perusahan mitra yang bekerja sama dengan pelaksana program PPK.

Sebagian besar kegiatan PPK menggunkan fasilitas Laboratorium Fakultas Peternakan UHO maupun milik tenant sendiri. Saat ini, Fakultas Peternakan UHO memiliki 2 laboratorium utama yaitu Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan yang menaungi Laboratorium Unit Anailsa Pakan, Laboratorium Unit Agrostologi dan Laboratorium Unit Industri Pakan Ternak. Sementara Laboratorium Ilmu dan Teknologi Produksi Ternak menaungi Laboratorium Unit Ilmu Ternak Unggas, Laboratorium Unit Ternak Potong, Kerja, dan Satwa Harapan, Laboratorium Unit Genetika dan Pemuliaan Ternak, Laboratorium Unit Agribisnis Peternakan, serta Laboratorium Teknologi Hasil Ternak.

Dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Kepala Laboratorium Ilmu dan Teknologi Produksi Ternak Hamdan Has, S.Pt, M.Si turut aktif memberikan dukungan dan pendampingan kepada mahasiswa di lapangan serta ikut mengevaluasi pelaksanaan program PPK ini. Hal yang sama juga dilakukan Widhi Kurniawan, S.Pt., M.Si, Kepala Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan memberikan motivasi dan dukungannnya dalam pengusulan maupun pelaksanaan program ini. “Pelaksanaan PPK menggunakan metode leraning by doing dalam artian mahasiswa tidak hanya mempelajari ilmu dan teori peternakan tetapi juga belajar dengan cara melakukan pariktik usaha peternakan yang dirintis dari kampus sebagai cikal bakal lapangan usaha potensial yang akan dikelola dan dikembangkan setelah lulus studi” ungkapnya.


Sementara itu, Dekan Fakultas Peternakan UHO, Dr. Ir. Ali Bain, M.Si sebagai inisiator program PPK menjelaskan bahwa pihak fakultas berkomitmen untuk meningkatkan semangat, bekal pengetahuan, keterampilan, dan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa serta mendorong terbentuknya mahasiswa yang terdidik, berkarakter, dan memiliki konsep bisnis yang jelas. “Saya berharap dengan keunggulan komparatif dan kompetitif yang dimiliki Fakultas Peternakan UHO, mahasiswa selain sibuk dengan kegiatan akademik mereka mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya untuk mengembangkan kegiatan bisnis dan berwirausaha dibawah bimbingan dosen-dosen potensial dengan memanfaatkan fasilitas yang ada sehingga diharapkan setelah lulus dapat mengembangkan usaha bisnis bidang peternakan yang telah dirintis dari kampus menjadi skala usaha yang lebih besar lagi” ujarnya.

Reporter: Sastra Wijaya
Editor: Rahman

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.