Pupuk Organik Produksi Mahasiswa UHO Diminati Masyarakat

Kendari, WK. Melalui Program Pengembangan Kewirusahaan yang didanai oleh Menristek/BRIN RI, Tim Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo dengan Ketua Dr. Ir. Ali Bain, M.Si berupaya meningkatkan semangat wirausaha bagi mahasiswa dan alumni. Salah satu bidang usaha dikembangkan yaitu produksi pupuk organik. Kelompok usaha dengan nama Pupuk Organik Sejati (POS) ini mulai dirintis sejak bulan Agustus tahun 2019, kini menuai hasil yang mengembirakan.

Saat dihubungi Warta Kandang, La Diman sebagai ketua kelompok menjelaskan bahwa saat ini usahanya dapat memproduksi pupuk sebanyak 800 kg perbulan dengan omset mencapai Rp 1.400.000. Usaha ini dikelolah secara berkelompok dengan anggota Ardi Harminto, Risman, dan Muhammad Asnur Karim. Produk pupuk organik dipasarkan disekitar area kampus UHO dengan sasaran Ibu-ibu Dharma Wanita, warga perumahan dosen UHO, mahasiswa penelitian, maupun penjual bunga. Karena produksi yang masih relatif kecil, sehingga tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan.

Target ke depan produksi pupuk organik terus akan ditingkatkan dengan memanfaatkan bahan baku yang tersedia di Kota Kendari, sehingga produksi dapat memenuhi permintaan pelanggan. Pemasaran tidak menjadi permasalahan karena dengan menggunakan sosial media maupun leaflet, produk yang dipasarkan cukup cepat dikenal masyarakat. Menurutnya yang menjadi masalah saat ini yaitu proses pengeringan yang lama karena tempat pengeringan sangat sempit apalagi pada musim penghujan.

Usaha ini didampingi oleh Bapak Dr. La Malesi, S.Pt., M.Si, Pendampingan ini bertujuan agar program ini dapat berjalan sesuai rencana dan berhasil. La Diman yang saat ini lagi menyelesaikan tugas akhir mengambil penelitian tentang kualitas pupuk organik, berkomitmen akan terus membesarkan usaha ini setelah lulus kuliah nanti, sehingga kami bisa membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran.

Reporter: Syam Rahadi

Editor: Rahman

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.