LISPIKTER Fakultas Peternakan UHO Sukses Selenggarakan Webinar Nasional Kewirausahaan

Kendari, WK. Lingkar Studi Penalaran Ilmiah dan Kewirausahaan Peternakan (LISPIKTER) Fakultas Peternakan UHO sukses menyelenggarakan Webinar Kewirausahaan Tingkat Nasional pada pada tanggal 7 November 2020. Tema yang diusung adalah  “Peluang dan Tantangan Pengembangan Agribisnis Ayam Kampung di Era New Nomal”. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, dosen maupun alumni sebanyak 353 orang sebagai partisipan dari berbagai universitas dan instansi terkait di seluruh Indonesia.   Webinar Nasional ini menampilkan pembicara Firdaus Gani, S.Pt,  Person In Charge (PIC) Unit Bisnis Ayam KUB Sobis Pammase Sulawesi Barat.  Pemilihan tema tersebut dilatar-belakangi bahwa ayam kampung merupakan produk peternakan  yang sangat diminati masyarakat namun disisi lain produksinya masih terbatas.

Webinar dibuka langsung oleh Dekan Fakultas peternakan UHO Dr. Ir. Ali Bain, M.Si.  Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung LISPIKTER yang mampu mengkreasi kegiatan ini sehingga memberi nilai manfaat baik bagi mahasiswa, alumni maupun pengusaha unggas khususnya peternakan ayam kampung.  “Semoga forum webinar ini akan menambah silaturahmi sesama profesi dan praktisi peternakan untuk  selalu meningkatkan kreativitas dalam pengembangan komoditas peternakan khususnya ayam kampung.  Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti  sampai di sini saja tetapi terus berinovasi dalam pengembangan subsektor peternakan karena yang akan memperhatikan masa depan peternakan terletak pada kontribusi kita sebagai profesi bidang peternakan” ujarnya.  Pada akhir sambutannya Dr. Ir. Ali Bain menantang kembali LISPIKTER agar setelah kegiatan ini selesai diharapkan mampu menindaklanjuti dengan melaksanakan kegiatan yang lebih kongkrit lagi sehingga menjadi kegiatan yang berkelanjutan dan berkesinambungan baik tahun ini maupun pada tahun-tahun yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Umum LISPIKTER, Hijrawati  melaporkan bahwa Webinar Nasional Kewirausaahan ini merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan LISPIKTER secara daring. Kegiatan ini bertujuan untuk saling sharing ilmu pengetahuan, teknologi, dan pengalaman antara akademisi perguruan tinggi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam agribisnis ayam kampung dan membantu menjawab permasalahan yang ada di lapangan terkait agribisnis ayam kampung.  “Meskipun webinar ini dilaksanakan secara daring tetapi  tidak mengurangi semangat kita untuk mengiuti kegiatan ini secara serius sehingga peserta dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan komoditas ayam kampung pada masa yang akan datang. Hijrawati juga menyatakan bahwa peserta yang tidak sempat mengikuti webinar ini sampai tuntas, LISPIKTER akan menayangkan kembali materi webinar di Chanel YouTube Ujung Kandang.

Diakhir acara, moderator webinar memberikan waktu kepada peserta untuk menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti webinar. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Krezno Dwi Atmojho TM, S.Pt yang juga alumni Fakultas Peternakan UHO mewakili peserta webinar menyampaikan pesan dan kesannya.  “Kegiatan ini sangat inspiratif dan penuh manfaat, dari pemaparan narasumber mampu membuka wawasan kami bahwa usaha peternakan khusunya peternakan ayam kampung memiliki potensi yg sangat besar untuk dikembangkan. Hal ini menjadi energi tersendiri  bagi kami profesi peternakan yang  saat ini berkeinginan fokus dalam usaha peternakan ayam kampung.  Sukses selalu LISPIKTER, perbanyak kegiatan kegiatan seminar seperti ini, untuk mengedukasi masyarakat luas mengenai dunia usaha bidang peternakan” ujarnya.   

Reporter: Iskandar

Editor : Rahman

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.