Tingkatkan Produktivitas Ternak, Tim KKN TEMATIK G2 FPt UHO Berikan Bimbingan Teknis Penanganan Kesehatan Ternak Sapi di Desa Mekar Jaya-Moramo Utara

Wartakandang.com.  Kegiatan bimbingan teknis pelayanan kesehatan ternak dilaksanakan pada tanggal 25 Agusuts 2023 pukul 15.30 WITA bertempat di salah satu lahan warga di Desa Mekar Jaya Kecamatan Moramo Utara. Sebelum dilaksanakan kegiatan bimbingan teknis tim KKN-T membuat kandang jepit dan berdiskusi dengan masyarakat peternak terkait penyakit yang sering muncul serta bagaimana penanganannya

         Metode yang diterapkan adalah dengan melakukan Wawancara bersama peternak yang ada di Desa Mekar Jaya secara door to door. Tujuan wawancara ini untuk mengumpulkan berbagai informasi dan keterangan tentang masalah kesehatan ternak di Desa Mekar Jaya.   

Wawancara kesehatan ternak metode door to door

Berdasarkan wawancara bersama peternak desa Mekar Jaya mengenai  kesehatan ternak, ditemukan beberapa informasi peternak yang belum memahami cara pencegahan dan penanganan ternak yang terjangkit penyakit. Kebanyakan mengobati ternaknya menggunakan obat-obatan tradisional seperti penggunaan campuran air garam dan air perasan jeruk nipis serta daun sembung untuk mengatasi diare pada ternak. Selain diare, beberapa penyakit yang menyerang ternak milik warga di Desa Mekar Jaya antara lain, cacingan dan caplak yang ditemukan pada ternak

Setelah sosialisasi dan wawancara mengenai kesehatan ternak selesai selanjutnya dilakukan proses bimbingan teknis mengenai tindakan preventif dan penanganan kesehatan pada ternak. Dalam kegiatan bimbingan teknis ini, beberapa kegiatan yang dilakukan adalah tindakan preventif berupa penyuntikan vitamin dan pemberian obat cacing pada ternak warga desa Mekar Jaya. penyuntikan vitamin B complex pada ternak bertujuan untuk membantu ternak mendapatkan penyerapan nutrisi yang lebih baik, sedangkan pemberian obat cacing pada ternak bertujuan untuk mencegah cacingan yang dapat menyebabkan malnutrisi pada ternak. 

Diskusi lapangan Masalah Kesehatan Ternak di Desa Mekar Jaya dengan Narasumber drh. Yamin Yaddi, M.Si

Koodinator Kegiatan Sub Tema Penyuluhan dan Bimbingan Teknis Penanganan Kesehatan Ternak, Putri Sartiani mengharapkan setelah kegiatan penyuluhan dan bimbingan teknis ini,  peternak dapat memahami jenis-jenis penyakit yang menyerang ternak sapi dan cara mengatasinya.

”Secara umum peternak belum  sepenuhnya mengetahui dan memahami pentingnya program kesehatan ternak, gangguan kesehatan ternak, dan  program sanitasi kandang yang dapat mempengaruhi kesehatan ternak.  Saya berharap setelah kegiatan ini Peternak Desa Mekar Jaya dapat  memahami dan  mengetahui arti penting program kesehatan ternak melalui pemeriksan kesehatan ternak  serta mampu melakukan pengobatan dini sebagai langkah awal penangan jika terjadi gangguan kesehatan ternak” ujar Putri, Mahasiswa FPt UHO semester 5 ini.

Penanganan Kesehatan Ternak Sapi

Kepala Desa Mekar Jaya, Heru Irfanto mengungkapkan rasa terima kasih kepada Mahasiswa dan dosen  yang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terintegrasi KKN Tematik di Desa Mekar Jaya.

“Selaku Pemerintah Desa kami menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian para dosen dan mahasiswa yang telah memilih desa kami sebagi tempat kegiatan ini, Kami harapkan di tahun berikutnya penyuluhan dan bimbingan teknis kesehatan ternak lebih ditingkatkan lagi baik berupak kegiatan dari perguruan tinggi maupun instansi terkait dalam hal ini Dinas Peternakan Kabupaten Konawe Selatan.  Kegiatan seperti ini lebih memotivasi Masyarakat khususnya anggota keompok ternak untuk meningkatkan populasi ternak yang besar, sehat dan tinggi produktivitasnya,” pungkasnya.

Reporter: Puput Sabrina Qalbi dan Kadek Puja

Editor : Rahman

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.