Tim KKN TEMATIK G2 FPt UHO Sukses Laksanakan Penyuluhan Kesehatan Ternak Sapi di Desa Mekar Jaya-Moramo Utara

Wartakandang.com.  Penyuluhan dan Bimbingan Teknis Penanganan Kesehatan Ternak merupakan salah satu sub tema kegiatan pengabdian kepada masyarakat terintegrasi KKN Tematik Group 2 (G2) Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo dari tema sentral ”Peningatan Keberdayaan Peternak di Desa Mekar Jaya Kecamatan  Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan”.  Kegiatan penyuluhan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peternak tentang beberapa jenis penyakit yang menyerang ternak dan berbahaya bagi kesehatan masayarakat (zoonosis).  Sedangkan kegatan bimbingan teknis adalah aplikasi dari kegiatan penyuluhan dengan memberikan pemeriksaan  kesehatan ternak, penanganan penyakit dan pemberian vaksin pada ternak sapi milik peternak Desa Mekar Jaya.

Kegiatan Penyuluhan dilakukan pada hari Kamis tanggal tanggal 24 Agusutus 2023  jam 19.30 WITA -selesai bertempat di Balai Desa Mekar Jaya.  Kegiatan ini menghadirkan pemateri dosen Fakultas Peternakan UHO, drh. Yamin Yaddi, M.Si dan Andini Sulfitrana, S.Si., M.Si. Kegiatan penyuluhan tersebut juga dihadiri dosen pendamping Prof. Dr. Ir. H. La Ode Nafiu, M.Si., IPU, ASEAN Eng, Dr. Ir. La Ode Arsad Sani, S.Pt., M.Sc. serta Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat terintegraasi KKN Tematik Dr. Ir. Rahman, S.Pt., M.T., IPM, ASEAN, Eng.

Narasumber drh. Yamin Yaddi, M.Si. sedang menyampaikan materi Manajemen Kesehatan Ternak

Kegiatan penyuluhan diikuti  16 mahasiswa peserta KKN Tematik dan sejumlah Tokoh Masyarakat dan peternak di Desa Mekar Jaya. Kegatan penyuluhan berlangsung sukses, dan peserta antusias mengikuti kegiatan sampai selesai. 

Pada kesempatan itu drh Yamin Yaddi menjelaskan secara tuntas jenis penyakit yang menyerang ternak sapi dan pentingnya pengendalian dan penanggulangan penyakit ternak.  ”Pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan merupakan penyelenggaraan kesehatan hewan dan kesehatan lingkungan dalam bentuk pengamatan dan pengidentifikasian, pencegahan, pengamanan, pemberantasan, dan/atau pengobatan ternak dari gangguan penyakit.  Oleh karena itu, urusan kesehatan hewan dilakukan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan atau promotif, pencegahan penyakit atau preventif, penyembuhan penyakit atau kuratif, dan pemulihan kesehatan atau rehabilitative harus dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan” ujarnya.

Penyampaian materi berlangsung sangat menarik dengan menggunakan powerpoint presentation yang membahas tindakan preventif menjaga kesehatan ternak, jenis-jenis penyakit sampai dengan cara pengobatanya.  Penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada saat sesi tanya jawab masyarakat sangat antusias, hal ini dapat dilihat dari banyak pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan yang diajukan diantaranya yaitu jenis-jenis penyakit yang sering terjadi pada sapi yaitu bagaiamana cara penanganan sapi yang diare.

Penanggung Jawab Sub Tema Manajemen Kesehatan Ternak Putri Sartiani (kiri) dan Puput Sabrina Qalbi (kanan)

Koordinator Sub Tema Manajemen Kesehatan Ternak, Putri Sartiani menyatakan bahwa dengan terselenggaranya kegiatan penyuluhan ini diaharapkan terjadi peningkatan pemahaman masyarakat peternak terhadap jenis penyakit yang sering menyerang ternak sapi dan dapat mengetahui cara penanggulangannya dengan cepat dan tepat.  Sementara itu Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat terintegrasi KKN Tematik Dr. Ir. Rahman, S.Pt., M.T., IPM, ASEAN, Eng. menyampaikan pentingnya penyuluhan kesehatan ternak untuk meingkatkan produktivitas ternak  “Penyuluhan Kesehatan Ternak merupakan upaya memberikan pemahaman kepada peternak  untuk meningkatkan status kesehatan hewan, agar dapat meningkatkan populasi ternak terutama ternak sapi yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, penyuluhan ini untuk menambah pengetahuan kepada masyarakat, tentang penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia” ujarnya.

Reporter: Puput Sabrina Qalbi, Putri Sartiani dan Kadek Puja

Editor : Rahman

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.