Dr. Ir. Ali Bain, M.Si. Menerima Penghargaan Pegawai Berprestasi Tingkat Nasional

Kendari, WK.  Kabar gembira bagi Universitas Halu Oleo di pertengahan bulan suci Ramadhan (15 Ramadhan 1443 H), salah satu dosen meraih penghargaan di tingkat nasional.  Dr. Ali Bain saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Peternakan UHO  ditetapkan sebagai Pegawai Berprestasi Peringkat Kedua Tingkat Nasional  Tahun 2020.  Pemeringkatan ini dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui serangkaian proses seleksi yang sangat ketat diantara sekitar 127.000 dosen dan pegawai di Lingkungan Kemendikbud-Ristek se-Indonesia dengan indikator penilaian yang komprehensif antara lain capaian kinerja dalam pelaksanaan tugas tridharma perguruan tinggi yang mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dan tugas tambahan lainnya serta keunggulan inovasi dan  gagasan-gagasan yang berguna untuk pengembangan institusi dan unit kerja masing-masing.  Predikat Pegawai Berprestasi Tahun 2020 ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi berdasarkan Keputusan Menteri Nomor : 54168/MPK.A/KP.09.02/2021 tanggal 10 Agusttus 2021.

Acara penyerahan penghargaan dan hadiah dihelat di Ruang Sidang Sekretaris Jenderal Gedung C. Lantai 2 Kemendikbudristek pada hari ini Senin tanggal 18 April 2022 pukul 11.00 WIB. Semua pegawai berprestasi tahun 2020 yang ditetapkan melalui SK Menteri menghadiri acara yaitu :  Dr. Yuliani, M.Si. (Dekan Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya) sebagai peringkat pertama, Dr. Ir. Ali Bain, M.Si (Dekan Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo) sebagai Peringkat Kedua dan Prof. Dr. Ir. H. Rusdiansyah, M.Si (Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman) menempati peringkat ketiga.  Penghargaan dan hadiah diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ir. Suharti, MA, PhD. mewakili  Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi R.I. “Seyogyanya pemberian penghargaan secara langsung terhadap pegawai berprestasi di lingkungan Kemdikbud-Ristek tahun 2020 ini digelar pada tahun 2021 yang lalu, namun karena pertimbangan kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga mereda pada kurun waktu tersebut sehingga acara ini baru bisa diselenggarakan pada tanggal 18 April 2022 hari ini”  kata Ibu Sekjen.

Dalam sambutannya, Ibu Sekjen menekankan bahwa “Pemberian penghargaan istimewa kepada pegawai  Kemendikbudristek adalah berbeda dengan penghargaan lainnya  karena di dalamnya ada penilaian kinerja dan hal-hal terbaik yang telah Bapak/Ibu berikan kepada Kementerian dan kepada Negara. Kami berharap ke depan akan selalu meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi dari yang telah dicapai saat ini dan kami juga berharap bahwa apa yang telah dan akan dilakukan dapat mengisnpirasi yang lain juga. Penerima penghargaan ini kami nilai sebagai SDM Unggul yang mampu berkontribusi lebih baik pada Kemedikbudristek dalam memberikan layanan kepada masyarakat di level Perguruan Tinggi” imbuhnya.  Di akhir sambutaannya beliau menyampaikan ucapan selamat dari Mas Menteri sekaligus menitip pesan agar selalu memberikan kontribusi positif untuk semakin memperkuat kinerja di Perguruan Tinggi masing-masing di masa yang akan datang.

Saat dihubungi wartakandang.com seusai acara penyerahan penghargaan, Dr. Ali Bain menyatakan syukur dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, mendukung dan bekerjsama dalam pencapaian prestasi tersebut.  “Alhamdulillah saya bersyukur pada Allah SWT karena sudah diberikan suatu anugrah dengan predikat sebagai Pegawai Berprestasi Tingkat Nasional peringkat II di lingkungan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi R.I.” ungkapnya kepada wartakandang.com. 

Ketika ditanya tanggapannya tentang penghargaan tersebut, Dekan Fakutas Peternakan ini menguraikan bahwa “Penghargaan ini bukanlah akhir dari pengabdian saya namun hanyalah merupakan salah satu langkah dan penggalan sejarah dalam karir saya sebagai Aparatur Sipil Negara untuk meraih prestasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab saya sebagai PNS dengan sebaik-baiknya ke depan. Jadi pada prinsipnya kita tidak boleh berbangga apalagi menjadi ujub dengan prestasi yang dicapai hari ini. Namun yang utama adalah peenghargaan ini dapat saya maknai sebagai momentum untuk lebih meningkatkan kinerja dan pengabdian saya sebagai PNS lingkup Universitas Halu Oleo.  Allah menganjurkan hambanya agar tidak berpuas diri dengan prestasi yang telah dicapai sebagaimana Firman-Nya dalam Surah Al-Insyirah Ayat 7 yang artinya Maka apabila kamu telah menyelesaikan suatu urusan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain.  Hal ini berarti bahwa Allah SWT menganjurkan hamba-Nya agar ketika berhasil meraih suatu prestasi maka sejatinya menjadi lebih bersemangat lagi untuk meraih prestasi-preastasi yang lain lagi di masa yang akan datang” ujarnya

Selama perjalanan karirnya sebagai dosen, Dr. Ali Bain telah banyak memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Universitas Halu Oleo maupun pengembangan Fakultas Peternakan.  Selain Tupoksinya sebagai Dosen dalam mengemban Tri Dharma Perguruan Tiinggi, beberapa tugas tambahan yang diamanahkan Rektor UHO kepadanya antara lain; sebagai Sekretaris Pemimpin Proyek Pengembangan Perguruan Tinggi (P2T)  dan Ketua Panitia Pengadaan Barang dan Jasa selama kurun waktu 2003-2005.  Selanjutnya dipercaya sebagai Pejabat Pembuat Komitmen Pengembangan Perguruan Tinggi UHO oleh Rektor UHO melalui SK Sekjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud  selama 2005-2011. Selama kurun waktu tersebut, bersama Pimpro P2T dan pihak lain berhasil menyusuan Dokumen Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikann untuk mendapatkan pendanaan hibah LOAN Islamic Development Bank untuk membangunan sejumlah gedung perkantoran, gedung/peralatan perkuliahan, laboratorium, dan fasilitas penunjang kegiatan akademik lainnya di Universitas Haluu Oleo. Sebuah prestasi luar biasa mampu dimenangkan dalam persaingan yang sangat ketat di antara PTN/PTS se-Indonesia.

Dalam hal mengelola birokrasi akademik Dr. Ali Bain juga tidak ketinggalan prestasinya.   Setelah mengelola dan menguasai mekanisme dan prosedur penyelenggaraan proyek di Universitas Halu Oleo dengan manajemen yang baik, jabatan birokrasi sebagai tugas tambahan tahap awal dimulai karirnya dengan menjabat Wakil Dekan II Fakultas Peternakan periode 2017-2018.  Dalam masa jabatan sebagai Wakil Dekan II yang baru diemban selama 1 tahun, Ali Bain yang menekuni keahlian di bidang Nutrisi Pakan Ternak, mengundurkan diri sebagai Wakil Dekan II saat itu dengan alasan untuk melanjutkan studi pada program doktor di bidang Nutrisi dan Pakan ternak di Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor dan menyelesaikan studi S3 dengan predikat cum laude. Setelah selesai menyelesaikan studi S3 pada tahun 2017, Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si, M.Si, M.Sc memberikan amanah kembali kepadanya sebagai Wakil Dekan II pada tahun 2018.  Selanjutnya pada tahun yang sama Rektor UHO memberikan amanah dan tanggung jawab sebagai Dekan Fakultas Petemakan UHO melalui pemilihan secara aklamasi untuk masa jabatan 2018 hingga sekarang.

Selama menjadi Wakil Dekan II pada tahun 2018 bersama-sama unsur pimpinan lainnya dan Civitas Akademika Fakultas Petemakan UHO, sukses mengantarkan Program Studi Peternakan meraih Akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang beberapa tahun sebelumnya terakreditasi B.  Selain itu dalam evaluasi kinerja lingkup Universitas Halu Oleo, Dekan yang hobby berolahraga badminton ini bersama-sama civitas akademika juga sukses menjadikan Fakultas Petemakan sebagai Fakultas Berkinerja Terbaik Pertama pada tahun 2019-2020 di Lingkungan Universitas Halu Oleo.

Terobosan lainnya yang telah dilakukan untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah sejak tahun 2019 Dr. Ali Bain telah sukses membanguan kerjasama strategis dalam mendukung program MBKM tersebut melalui penanda-tanganan 17 MoU antara Fakultas Peternakan dengan berbagai kalangan instansi pemerintah maupun swasta terkait antara lain Industri Petemakan, Lembaga/Badan/Balai Penelitian dan Perguruan Tinggi di berbagai wilayah Indonesia, seperti di wilayah Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan lokal Sulawesi Tenggara dalam rangka pelaksanaan berbagai kegiatan tridharma di bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat khususnya sebagai lokasi magang profesi bagi mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo.
Selain prestasi secara kelembagaan tersebut, secara kinerja individu Dr. Ali Bain juga telah sukses meraih prestasi yang terbaik. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UHO, Nomor : 2088/UN29/KP/2020 yang menetapkan dirinya sebagai Dosen Berprestasi Terbaik Pertama lingkup Universitas Halu Oleo tahun 2020.
Dengan sederet prestasi tersebut baik secara kelembagaan maupun prestasi kinerja individu diharapkan menjadi referensi yang bermanfaat bagi civitas akademika Universitas Halu Oleo sekaligus akan menjadi inspirator dan motivator bagi dosen/pegawai lainya maupun mahasiswa dan alumni. “Prinsip yang selalu saya tanamkan dalam mengemban setiap amanah yang diberikan adalah senantiasa bekerja dengan ikhlas, berdedikasi, berintegritas, inovatif dan kreatif serta bermanfaat bagi Civitas Akademika Fakultas Peternakan demi mendukung kemajuan universitas Halu Oleo” imbuhnya.

Reporter: Rahman
Editor : Syam Rahadi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply