Perkuat Program MBKM, Dekan Fakultas Peternakan UHO Tandatangani MoA dan SPK dengan Fakultas Peternakan IPB

Wartakndang.com.  Dalam upaya mengimplementasikan pelaksanaan kebijakan program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM), Dekan Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo melakukan penandatanganan Memorandum of Agrement (MoA) dengan Fakultas Peternakan IPB University.  Prosesi penandatanganan MoA diikuti dengan penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Kolaborasi Akademik dan Riset dalam Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Menghasilkan Lulusan yang kompetitif yang diselenggarakan Ruang Sidang Fakultas Peternakan IPB University, Bogor, Selasa (10/8/2022).

Dari kiri ke kanan; Dr. Yulkifli, M.Si, Dr. Idat Galih Permana, M.Agr.Sc, Dr. Ir. Ali Bain, M.Si dan Dr. Ir. Rahman, S.Pt., M.T., IPM., ASEAN Eng.

Penandatanganan MoA dan SPK tersebut dihadiri saksi-saksi dari Fapet IPB Dr. Tuti Suryatim S.Pt., M.Sc. mewakili Program Studi S1 Teknologi Produksi Peternakan, Prof. Dr. Anuraga Jayanegara, S.Pt., M.Sc. mewakili Program Studi S1 Nutrisi dan Teknologi Pakan dan Dr. Zakiah Wulandari, S.TP., M.Si mewakili Program Studi S1 Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan IPB,  sedangkan saksi Program Studi S1 Peternakan Universitas Halu Oleo diwakili oleh Dr. Ir. Rahman, S.Pt., M.T., IPM., ASEAN Eng.

Foto Bersama pimpinan Fakultas Peternakan IPB usai penandatangan MoA dan SPK

 Selain para saksi, acara tersebut dihadiri Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) Dr. Yulkifli, M.Si  beserta para Wakil Dekan yang juga menjalin kerjasama dengan  Fapet IPB.  Selain itu juga hadir Wakil Dekan Akademik Kemahasiswaan Fapet IPB, Prof. Dr. Irma Isnafia Arief, S.Pt., MS dan Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fapet IPB Dr. Sri Suharti, S.Pt, M.Si.

Kerjasama ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan kebijakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Adapun wujud kesepakatan yang dituangkan dalam MoA yaitu bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kegiatan lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

“Kita sangat terbuka baik mengirimkan maupun menerima  mahasiswa antar perguruan tinggi, secara teknis antar wakil dekan bisa berkomunikasi untuk menyesuaikan penjadwalan.  Kita sama-sama ingin maju, belajar, banyak hal yang terus kita perbaiki dengan saling kerjasama. Saat ini juga sudah banyak prodi yang sudah terakreditasi secara internasional” ujar Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr Idat Galih Permana, M.Agr.Sc dalam sambutannya mengawali acara tersebut. 

Sementara itu Dekan Fakultas Peternakan UHO Dr. Ir. Ali Bain, M.Si. berharap kerjasama ini merupakan langkah awal untuk ditindak lanjuti dengan pelaksanaan berbagai kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi  di bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, pelatihan,  workshop maupun magang profesi mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo dalam rangka meningkatkan Indeks Kinerja Utama (IKU) Fakultas Peternakan Unversitas Halu Oleo. “Kerjasama bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu, dan relevansi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan daya saing SDM perguruan tinggi termasuk dalam menunjang program MBKM” ujarnya. 

Kunjungan ke kendang close house ayam broiler kerjasama Fapet IPB dengan PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk.

Pendatanganan kerjasama diikuti dengan penyerahan souvenir kepada Dekan Fakultas Peternakan UHO dan saksi-saksi dan dilanjutkan dengan santap siang bersama dan kunjungan ke Laboratorium Lapangan IPB, Bogor.  Salah satu obyek kunjingan lapangan adalah kandang Close house  kerjasama Fapet IPB dengan PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk dibangun dalam rangka pengembangan teaching farm di Fakultas Peternakan IPB ini, seluas 14 m x 85 m dengan kapasitas 20.000 ekor ayam.  Kandang Close house  menjadi sarana praktik budidaya dan usaha peternakan ayam broiler secara komersial serta memungkinkan pengembangan close house yang dapat dijadikan sarana penelitian dan pendidikan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.