Jeli Melihat Peluang, Alumni dan Mahasiwa UHO Kembangkan Usaha Burung Puyuh

Kendari, WK. Kelompok usaha yang dinakodai oleh Andi Ahmadi, S.Pt dengan anggota mahasiswa tingkat akhir Sumal Karya sangat jeli melihat peluang pasar dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kota Kendari khsusnya kebutuhan telur dan usaha ini belum banyak dilirik, yaitu usaha burng puyuh. Usaha ini didanai dari Program Pengembangan Kewirausahaan Menristek/BRIN yang disulkan oleh Dosen Universitas Halu Oleo, dan saat ini memasuki tahun kedua, dengan nama usaha “Perkasa Farm”.

Pada awal usaha Perkasa Farm memiliki  populasi 900 ekor dan saat ini tinggal  675 ekor dengan produksi harian yang mencapai 60%. Penurunan populasi dan produktifitas ini karena burung puyuh yang dipelihara telah masuk fase afkir dan waktunya diganti dengan bibit baru. Menurut Andi dengan produki ini saja, kami sudah menghasilakan omset penjulan kurang lebih 5 Juta rupiah dari penjulan telur segar per bulannya, belum lagi dari penjulan pupuk dan makanan olahan dari telur puyuh.  Setiap bulanya mendapat keuntungan kurang lebih 3-4 Juta Rupiah.

Masih menurut Andi bahwa ke depan budidaya burung puyuh masih memberikan peluang usaha yang masih besar karena kompetitor masih sangat sedikit. Telur yang dihasilkan selama ini dipasarkan di beberapa swalayan, toko, dan rumah makan di Kota Kendari, bahkan juga melayani permintaan luar Kota Kendari.

Selain telur segar hasil samping berupa feses juga diolah menjadi pupuk kandang. Pada tahun kedua telah dilakukan diversifikasi usaha berupa produk olahan telur puyuh.  Untuk pemasaran sampai saat ini belum mengalami kendala yang berarti, cukup melakaukan berbagai promosi di media sosial dan leaflet.

Target kedepan adalah menambah pupulasi sampai 2.000 ekor, hal ini dilakukan untuk mengantipasi permintaan pasar dan bahan baku aneka olahan telur puyuh yang dikembangkan. Diakhir perbincangan “Bang Andi” demikian sering disapa adik-adik kelasnya membeberkan bahwa setelah kegiatan ini “Saya akan membuka usaha mandiri yaitu kelanjutan Perkasa Farm dengan nama Tirta Kencana Grup”.

Salam Cinta dari Ujung Kandang.

Reporter: Syam Rahadi

Editor: Rahman

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply