Mahasiswa KKN Tematik FPt UHO Sosialisasikan Bahaya Penyakit PMK dan Teknik Memilih Bibit Sapi Bali

Konsel WK. Tim Dosen dan Mahsiswa KKN Tematik Fakultas Peternakan UHO melakukan penyuluhan kepada masyarakat di Desa Kiaea/Wonuamorini Kec. Palangga Kab. Konawe Selatan. Tema yang diusung adalah Bahaya dan Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).  Selain itu, menggelar edukasi teknik pemilihan bibit sapi bali unggul kepada masyarakat , Sabtu (20/08/2022). 

Acara tersebut dihadiri oleh Dr. La Ode Arsad Sani, S.Pt., M. Sc. (koordinator DPL), Musram Abadi, S.Pt., M.Si (Wakil koordinator  DPL),  Amiluddin Indi., S.Pt., M.Si (sebagai moderator) dan Hamka (Seketaris Desa Wonuamorini serta warga Desa Kiaea dan Wonuamorini).  Dr. La Ode Arsad Sani menyampaikan bahwa penyuluhan ini diharapkan menjadi bahan pembelajaran untuk masyarakat sekitar agar dapat memilih bibit sapi bali atau calon penjantan dan induk yang unggul.  Selain itu penyuluhan ini juga diharapkan agar masayarkat memahami tentang bahaya penyakit PMK dan tindakan pengendalian serta pencegahan penyakit PMK.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri Prof. Dr. Ir. H. La Ode Nafiu, M.Si., IPU,  Achmad Selamet Aku, S.Pt., M.Si. dan drh.Yamin Yaddi, M.Si. Dalam uraiannya Prof. La Ode Nafiu, menjelaskan teknik seleksi sapi yang mencakup persyaratan calon bibit, cara pengukuran, pendugaann bobot badan dan pengaturan perkawinan. Kegiatan penyuluhan tersebut disambut baik oleh warga dan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.  Kegiatan penyuluhan dilanjutkan kegiatan pelayanan kesehatan ternak dibawah bimbingan drh.Yamin Yaddi, M.Si, Ahad (21/8/2022).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.