Laboratorium Teknologi Hasil Ternak F.Pt UHO Bimbing Siswa ICM Mu’adz Bin Jabal Membuat Nuget dan Bakso Ayam

Dalam rangka meningkatkan keterampilan dalam pengolahan hasil peternakan dan perikanan, Siswa ICM Mu’adz Bin Jabal melaksanakan praktikum pembuatan nuget dan bakso ayam di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan UHO (Minggu, 6 November 2022).  Kegiatan ini merupakan rangkaian praktikum Bidang Studi Prakarya kelas IX yang diasuh oleh Guru Bidang Studi Jamila, S.Pd., M.Pd.  Praktikum dilaksanakan setelah pihak ICM melakukan kordinasi dengan Kepala Laboratorium Teknologi Hasil Ternak dan mengikuti prosedur perizinan praktikum yang berlaku.

Posisi berdiri dari kiri ke kanan Putri Suryaningsih (Asisten Lab THT), Muhammad Fauzan Balaka, La Ode Muhammad Fajrullah, Sahrul Dzaki Mubarok dan Andi Satna Sari (Asisten Lab THT). Duduk dari kiri ke kanan, Rifky Frandika Sandy, Muhammad Adly Al Fattah, Muhammad Rofiq Taufiqurrahman, dan Muhammad Abdurrahman Hanif

Pembuatan nuget dan bakso ayam  dilaksankan atas inisiatif Siswa ICM Mu’adz Bin Jabal Kelompok 2 Kelas IX yang terdiri atas Muh. Rofiq Taufiqurrahman, Muhammad Adly Al Fattah,  Muhammad Fauzan Balaka, Muhammad Abdurrahman Hanif, Rifky Frandika Sandy, Sahrul Dzaki Mubarok dan La Ode Muhammad Fajrullah.  Ketua Kelompok Muhammad Rofiq Taufiqurrahman memilih  Laboratorium THT Fakultas Peternakan sebagai tempat pelaksanaan praktikum karena memiliki peralatan pembuatan bakso dan nuget yang lengkap baik untuk praktikum maupun produksi skala besar untuk komersil.

Praktikum pembuatan bakso ayam

Praktikum dilaksanakan atas  bimbingan dua Asisten Dosen Laboratorium THT Putri Suryaningsih dan Andi Satna Sari. Metode bimbingan menggunakan system learning by doing dimana siswa belajar dengan cara  melakukan sendiri pembuatan nuget dan bakso ayam dari awal sampai selesai. Andi Satna Sari mengawali kegiatan praktikum tahap pertama dengan pengenalan alat dan bahan yang akan digunakan para siswa kemudian diikuti dengan dengan penjelasan prosedur tahapan pembuatan bakso ayam. Semua siswa tertib mengikuti arahan asisten dosen dan secara bergantian mempraktikkan pembuatan bakso dengan baik.   Selanjutnya praktikum tahap kedua dilanjutkan Putri Suryaningsih yang membimbing pembuatan nuget.   Setiap  tahapan dan prosedur  kegiatan dilakukan sendiri oleh siswa dengan baik setelah mendapat penjelasan dan arahan asisten dosen mulai dari pemisahan daging dan tulang ayam broiler sampai dengan sukses membuat produk akhir nuget dan bakso ayam.

“Semua siswa sangat senang dan antusias yang mengikuti praktikum dari persiapan bahan sampai menghasilkan produk nuget dan bakso ayam.  Metode praktikum learning by doing dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa ICM membuat nuget dan bakso ayam.  Setelah kegiatan praktikum ini mereka sudah dapat membuat sendiri di rumah atau mungkin juga  ada yang tertarik memperdalam ilmu peternakan dengan kuliah di Fakultas Peternakan UHO atau dengan kesan dan pengalaman ini ada yang akan menjadi pengusaha restoran bakso dan produsen nuget berbahan dasar daging ayam broiler pada masa yang akan datang” ujar Andi Septiana yang saat ini menempuh studi sebagai mahasiswa S1 Peternakan UHO Semester VII.

Praktikum pembuatan nuget daging ayam

MR. Taufiqurahman sangat senang dan berterima kasih kepada pihak Laboratorium THT Fakultas Peternakan UHO telah memberikan izin dan membimbing pelaksanaan praktikum. “Selama ini kami hanya bisa menikmati bakso di warung-warung bakso atau restoran atau menikmati nuget yang enak tetapi tidak mengetahui cara membuatnya. Alhamdulillah dengan dana patungan  yang terkumpul dari anggota kelompok meskipun sedikit  tetapi kami dapat memahami dan sukses membuat sendiri nuget dan bakso berbahan dasar dari dua ekor ayam broiler” ujar ketua kelompok yang sudah familiar dengan lingkungan Kampus Fakultas Peternakan ini. 

MR. Taufiqurahman menambahkan bahwa daging ayam diperoleh dari Rumah Potong Unggas (RPU) EMAS Kendari di Animal Science Technopark Fakultas Peternakan UHO.  Founding RPU EMAS Kendari, Sastrawijaya menjelaskan bahwa RPU tersebut  didirikan atas rintisan kelompok Program Mahasiswa Wirausaha Fakultas Peternakan UHO tahun 2020 dan saat ini mampu menyediakan ayam broiler untuk  kebutuhan konsumsi rumah tangga maupun untuk acara pesta pernikahan, aqiqah atau acara seremonial lainnya dan dapat melayani secara komersil  baik di dalam dan luar Kota Kendari

Hal yang sama juga diungkap Wakil Ketua Kelas IX Muhammad Adly Al Fattah yang ikut bergabung dalam kelompok 2 ini mengaku sangat senang dan beruntung melaksanakan praktikum di Lab THT. “Kami sangat beruntung memilih Lab THT Fakultas Peternakan sebagai tempat praktikum sehingga kami paham dan sukses membuat nuget dan bakso ayam yang enak. Ide awal kami sebetulnya akan membuat ikan bakar tetapi setelah kami berdiskusi dan menyepakati  bahwa ikan bakar hanyalah produk yang sudah biasa dibuat oleh semua orang dan  kurang menantang pada akhirnya kami memutuskan untuk membuat bakso ayam yang enak dan nuget yang kriuk dan gurih. Alhamdulillah  rasa penasaran kami terjawab dengan mampu membuat nuget dan bakso ayam dengan baik.  Kami memperoleh ilmu dan keterampilan baru membuat nuget dan bakso ayam dan dapat menikmati produk olahan dari buatan sendiri” ujarnya bangga.

Sementara itu Kepala Laboratorium THT Fiatrianingsih, S.Pt., M.Sc. saat dihubungi wartakandang.com menyatakkan bahwa  kegiatan praktikum yang dilaksanakan siswa ICM merupakan salah satu bentuk kewajiban tridharma perguruan tinggi dalam memberikan pelayanan dan pelatihan kepada masyarakat. “Memberikan pelatihan pengolahan hasil ternak kepada masyarakat termasuk bimbingan teknis kepada siswa dalam pembuatan nuget dan bakso seperti ini merupakan salah satu bagian kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Tinggi unsur pengabdian kepada masyarakat.  Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat membantu mempromosikan dan mensosialisasikan jenis layanan dan produk yang dapat dihasilkan Laboratorium THT Fakultas Peternakan UHO kepada masyarakat luas” pungkasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.