KKN Tematik Fakultas Peternakan UHO Berikan Pelatihan Pengolahan Hasil Ternak Pada Masyarakat Desa Sindangkasih, Ranomeeto Barat, Konsel

Kuliah kerja nyata tematik (KKN.T) sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh 15 peserta mahasiswa fakultas peternakan Universitas Halu Oleo dengan mengadakan pelatihan mengenai produk peternakan di Desa Sindangkasih, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan. Dibawah bimbingan tim dosen pembimbing lapangan  KKN Tematik yang diketuai oleh Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. Ali Bain, M.Si, dan anggota dosen Prof. Dr. Ir. La Ode Nafiu, M.Si, Dr. Nursanti Asminaya, S.Pt., M.Si, Widhi Kurniaawan S.Pt., M.Si, Hamdan  Has S.Pt., M.Si, dan Asma Bio Kimestri, S.Pt., M.Sc.

Serangkaian kegiatan pelatihan program kerja dilaksanakan dengan mnyesuaikan kondisi dimasa pandemi Covid-19 . Pelaksanaan yang dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan tidak mengundang banyak masyarakat.

Pelaksanaan pelatihan KKN Tematik didampingi oleh Tim Pembibing KKN Tematik ibu Dr. Nursanti Asminaya, S.Pt., M.Si,. sebagai narasumber dan  mahasiswa KKN Tematik sebagai pelaksana pelatihan yang di dalamnya narasumber memberikan edukasi kepada masyarakat tentang beberapa jenis olahan hasil ternak.

Pelatihan dilaksanakan di posko kelompok KKN T Desa Sindangkasih pada tanggal 30 Agustus 2021 yang di ikuti oleh kelompok perwakilan wanita Desa Sindangkasih. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta melatih kelompok wanita untuk bisa mandiri dalam raangka pengolahan produk peternakan sebagai upaya dalam meningkatkan pemasaran dan tersebarnya teknologi pengolahan hasil peternakan pada masyarakat.

Materi pelatihan antara lain meliputi tentang pengolahan susu menjadi Yoghurt, pengolahan telur ayam sebagai Mayonnaise dan pengolahan telur bebek menjadi telur asin. Setelah mengikuti pelatihan pengolahan hasil ternak tersebut kami sebagai tim pelaksana berharap peserta pelatihan mampu untuk mengembangkan usaha pengolahan hasil ternak guna mewujudkan kemandirian pangan. 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.