Fakultas Peternakan UHO Jalin Kerjasama dengan Fakultas Peternakan UGM

Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama

Wartakndang.com.   Alhamdulillah dengan Rahmat Allah SWT dan dilandasi keinginan bersama untuk saling mendukung dalam pelaksanaan pembangunan Bangsa dan NKRI,  Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo dan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada sepakat menjalin kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) kedua belah pihak Nomor: 1338/J01.1.25/KS/2023 dan Nomor: 344/UN.29.14/KS/2023, Yogyakarta, Sabtu (25/02/ 2023).

Penandatanganan NKB dilakukan oleh Dekan Fakultas Peternakan UHO, Dr. Ir. Ali Bain, M.Si. dan Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Ir. Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng.  Acara tersebut berlangsung di Professional Engineering Lecturer, Animal Science Learning Center Lantai 2 Fakultas Peternakan UGM dihadiri unsur pimpinan Fakultas Peternakan UGM dan Guru Besar serta  sejumlah  dosen dan Mahasiswa Program Studi Profesi Insinyur Peternakan Semester Genap Tahun Ajaran 2023 yang hadir baik secara offline maupun online.

Suasana menjelang acara penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama

Ruang lingkup kerjasama tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta bidang lain yang disepakati bersama.  NKB ini berlaku selama 5 tahun sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang atau diakhiri atas persetujuan bersama.

Dalam kata pengantarnya  Prof. Budi Guntoro mengungkapkan bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama ini dalam rangka pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi kedua fakultas.  “Kerjasama ini bertujuan untuk  meningkatkan kualitas perguruan tinggi melalui pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi kegiatan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, serta kegiatan lainnya yang disepakati bersama” ungkapnya.

Dr. Ir. Ali Bain, M.Si. (kiri) dan Prof. Ir. Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. (kanan) usai penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama.

Sementara itu Dekan Fakultas Peternakan UHO mengharapkan Nota Kesepahaman Bersama ini  akan mulai  direalisasikan dalam tahun 2023 dalam rangka mengimplementasikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan kegiatan-kegiatan tridharma perguruan tinggi tersebut..

“Nota Kesepahaman Bersama ini digagas dalam upaya mengimplementasikan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan kegiatan-kegiatan tridharma perguruan tinggi lainnya untuk saling melengkapi antara Fakultas Peternakan UHO dan Fakultas Peternakan UGM dengan mengoptimalkan kewenangan dan sumberdaya masing-masing”  ujar  Dr. Ali Bain yang saat ini sedang memprogramkan Profesi Insinyur Peternakan di UGM.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa realisasi kerjasama ini diharapkan akan menghasilkan outcome yang signifikan dalam pengembangan Fakultas Peternakan ke depan.

“Motivasi saya menggagas Nota Kesepahaman Bersama ini adalah sebagai bencmarking ke kampus UGM terkait dua hal, pertama bagaiamana UGM mampu meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) sebagaimana yang dituangkan dalam Kepmendikbud Nomor 754/P/2020 dan yang kedua adalah strategi pengembangan sarana prasarana penunjang pelaksanaan kegiatan tridharma perguruan tinggi melalui kerjasama multi pihak” ujar Dr. Ali Bain.

Dr. Ali Bain sangat optimis bahwa kegiatan NKB kedua fakultas ini dapat direalisasikan secara bertahap dan akan dimulai pada tahun anggaran 2023 ini.  

”Insya Allah Nota Kesepahaman Bersama ini dapat segera kita tindaklanjuti di tahun ini dengan penyusunan kerjasama yang lebih spesifik dan dapat diimplementasikan dalam program-program yang relevan dengan Tridharma Perguruan Tinggi seperti visiting lecturer, magang pengelolaan laboratorium atau benchmarking manajemen pengelolaan program studi/fakultas, perlombaan mahasiswa, invited speaker dalam  The 4th International Tropical Animal Science for Food Security  di UHO, kolaborasi riset atau kegiatan lainnya yang disepakati bersama dengan harapan hasil kerjasama tersebut dapat dirasakan manfaatnya bagi kemajuan masing-masing pihak dan untuk kemajuan masyarakat pada umumnya,  dan sebetulnya beberapa jenis kegiatan kerjasama tersebut sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Nah, dengan adanya Nota Kesepakan Bersama ini akan menjadi legal standing kerjasama dalam lima tahun yang akan datang sehingga kegiatan-kegiatan kolaborasi tersebut dapat ditingkatkan untuk memacu pencapaian Indikator Kinerja Utama fakultas masing-masing yang tentunya akan berkontribusi pada peningkatan  pencapaian IKU Institusi Universitas Halu Oleo”  pungkasnya.

Reporter : Rahman

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.