DI MASA PANDEMIK COVID-19 MAHASISWA KKN TEMATIK UHO MENGENALKAN PEMBUATAN PUPUK KOMPOS KEPADA MASYARAKAT KOTA KENDARI

Masa Pandemik COVID-19 tidak menurunkan mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat. Dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, kelompok mahasiswa yang tergabung dalam program KKN Tematik UHO 2021 melakukan bimbingan dan pendampingan teknis pembuatan Pupuk Kompos dengan memanfaatkan limbah pertanian dan limbah peternakan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Agustus 2021 di Kelurahan Baruga, Jalan Amohalo, RT. 19. RW 08.

Metode pelaksanaan bimbingan teknis ini berupa penyampaian materi oleh mahasiswa kemudian dilanjutkan dengan praktek secara langsung oleh masyarakat dengan tetap menjaga protokol kesehatan Covid 19, sebagaimana imbauan pemerintah. Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari kelompok masyarakat di Kelurahan Baruga, hal tersebut dapat dilihat dari antusias masyarakat saat mengikuti bimbingan teknis dan keaktifan saat pelaksanaan pembuatan pupuk kompos, dengan turun langsung dalam pembuatan pupuk kompos tersebut.

“Kami melihat dengan ketersediaan sumber daya alam di Kelurahan Baruga, berupa limbah pertanian dan limbah peternakan, yang sangat potensial untuk dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan pupuk kompos, sehingga kami dari Mahasiswa Tim KKN Tematik UHO 2021 dan tentunya atas arahan dosen pembimbing, melaksanakan kegiatan bimbingan dan pendampingan teknis pembuatan pupuk kompos” Ungkap Kordinator Desa Tim KKN Tematik FPt UHO 2021.

Tujuan  dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat terkait pembuatan pupuk kompos agar masyarakat mampu memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia sehingga menjadikannya sebagai sumber penghasilan tambahan.

Suasana saat penyampaian materi pembuatan pupuk kompos (foto: musram abadi)

Musram Abadi selaku Tim Ahli Bidang Agribisnis Peternakan pada Program KKN Tematik tersebut  juga menuturkan bahwa: “Program yang dijalankan berupa penyuluhan dan bimbingan teknis diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta keterampilan masyarakat petani-peternak dalam memanfaatkan limbah hasil sampingan dari pertanian dan peternakan. Dengan memaksimalkan sumberdaya yang tersedia, nantinya dengan menggunakan hasil pupuk kompos yang dibuat akan menekan biaya pemupukan tanaman, disamping itu juga dapat mengurangi dampak pencemaran dari kotoran ternak yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Disisi lain, selain digunakan untuk tanaman sendiri, pupuk kompos yang dihasilkan juga dapat dijual, sehingga bisa menjadi sumber pendapatan tambahan di era pandemi covid 19 ini”  tutur Ketua Agribisnis Peternakan FPt UHO tersebut.

Selaku Ketua Tim, Arman Faslih juga menambahkan bahwa melalui Program KKN Tematik UHO ini, sebagai sarana implementasi keilmuan pada masyarakat.

“Kami dari Tim KKN Tematik UHO 2021 ini, menyusun kegiatan permberdayaan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat sesuai dengan permasalahan yang di hadapi oleh masyarakat setempat, tentunya selaras dengan disiplin ilmu yang kami miliki. Selain pembuatan pupuk kompos, Insya Allah kami bersama adik-adik mahasiswa juga akan melakukan kegiatan pembuatan solar cell yaitu  pembangkit listrik yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi arus listrik atau yang lebih dikenal dengan tenaga surya dan pembuatan mesin tetas sederhana” Tutup Direktur Program Pendidikan Vokasi UHO tersebut.

Sebagai tambahan informasi dalam program KKN Tematik ini melibatkan 5 orang dosen UHO, yaitu Arman Faslih (Ketua Tim), Raden Rinova (Anggota), Musram Abadi (Anggota), Muhammad Zakararia Umar (Anggota) dan Aminur (Anggota) serta 17 orang mahasiswa yang tergabung dari berbagai jurusan seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur dan Jurusan Peternakan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.